Rain’s Press Conference

7 Apr

Dengan diluncurkannya album terbaru Rain, beberapa hari yang lalu penyanyi asal Korea ini mengadakan konferensi pers untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar album baru tersebut. Dalam tanya-jawab ini Rain mengatakan bahwa [Love Song] merupakan hasil inspirasi dari pengalaman pribadinya. Check out the Q&A below!

Q : Title song dari album baru ini adalah lagu ballad. Kali ini Rain menunjukkan image yang berbeda dari image tough yang selama ini selalu ditunjukkannya, yaitu dengan memakai konsep androgynus (istilah Yunani, yang artinya percampuran antara maskulinitas dan femininitas). Apa alasan di balik perubahan ini?

Aku ingin menunjukkan sisi lain dari diriku, karena sudah 8 tahun lamanya aku berkarir sebagai penyanyi. Sebenarnya rekaman untuk [Love Song] sudah dimulai sejak rilisnya [Rainism]. Aku ingin menyanyikan lagu ballad, dan [Love Song] memberikan kesan lembut dan tenang. Setelah promosi [Love Song], sepertinya aku akan mempromosikan [Hip Song] yang merupakan lagu dance. Konsep androgynus yang kugunakan adalah konsep yang sama sekali baru. Aku ingin menarik perhatian pendengar dengan mencoba hal yang baru dan memuaskan para pendengar tidak hanya melalui lagu, tapi juga dengan penampilan-penampilanku di panggung nantinya.

Q : Apakah ada alasan tersendiri mengapa album baru Rain diberi judul [Back to The Basic]?

Aku tadinya berencana untuk merilis album pada akhir tahun ini. Kemudian aku juga berencana untuk meluncurkan single secara bersamaan di Korea, US, Asia, dan Eropa, tapi peluncuran drama dan filmku diundur sampai 2 bulan. Aku sudah menyiapkan tracks dan koreografinya, jadi aku memutuskan untuk kembali ke resolusi awalku sebagai penyanyi, yaitu menghadirkan musik yan dapat menyentuh hati semua pendengar. Ada beberapa pihak yang bertanya kenapa aku memutuskan untuk mengadakan promosi di Korea, dan aku mengatakan bahwa fans di Korea merupakan prioritas utama. Saat ini Asia adalah pusat dunia, dan Korea adalah pusat Asia.

Q : Bagaimana rencana Rain merilis album di US?

Pertama-tama, aku ingin mengatakan bahwa karirku di US sebagai aktor berjalan dengan baik. Di Asia, Rain mulai populer setelah berperan dalam drama dan kemudian melalui musik. Aku tidak merencanakannya, tapi kupikir aku sedang melewati tahapan yang sama dengan debutku di US. Rain sebagai aktor mulai dikenal baik oleh masyarakat US. Dan setelah aku benar-benar telah diterima oleh US, barulah aku akan menunjukkan Rain sebagai penyanyi. Saat itu, aku akan segera meluncurkan album. Aku berencana untuk mengejar karir akting dulu, barulah kemudian mengejar karir musik di US.

Q : Apa dampak dari bermain dalam Ninja Assasin terhadap Rain?

Bermain dalam NA membuat sadar bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Di Asia, orang-orang mengenalku lewat Full House, dan di Amerika dan Eropa, orang-orang mengenalku lewat NA. Bermain dalam NA merupakan kesempatan yang baik bagiku untuk dikenal sebagai bintang film action, dan kemudian mungkin akan diberi tawaran membintangi iklan juga. Syuting NA memakan waktu 8 bulan, dan waktu-waktu itu bukanlah waktu yang mudah. Tapi aku senang dengan hasilnya dan aku senang telah ikut ambil bagian dalam film ini.

Q : Ada berita yang mengatakan bahwa Rain akan membintangi sebuah drama.

Ya, aku akan bermain dalam drama. Aku sangat bersemangat dengan drama ini, tapi kami belum sempat membicarakan hal-hal yang pasti berkaitan dengan drama ini. Masih banyak hal yang perlu dibicarakan, tapi sepertinya drama ini akan tayang sekitar bulan September atau Oktober.

Q : Banyak artis yang juga mengadakan comeback bulan ini. Jadi sepertinya persaingan akan ketat.

Saat ini aku tidak menganggap comeback-ku sebagai ajang untuk membuktikan diri. Aku melakukan ini karena aku suka. Aku ingin menunjukkan sisi lain dari seorang Rain, dan menurutku ini sangat penting untuk menyiapkan diriku memasuki market yang lebih besar. Minggu lalu saat kami syuting untuk sebuah acara TV, aku nyaris tidak mengenali siapapun di sana. Tapi aku senang karena Lee Hyori juga akan mengadakan comeback di saat yang sama, jadi nantinya akan menyenangkan dan tidak terlalu membosankan.

Q : Saat ini yang sedang booming adalah idol groups. Apakah Rain merasakan beban?

Menurutku saat ini aku berada pada level menengah. Ada banyak penyanyi senior di sana, dan ada banyak juga penyanyi junior yang terfokus pada pasar yang berbeda. Aku ingin sukses di seluruh China, seluruh Asia, dan di US. Semua Idol groups sangatlah berbakat, dan aku merasa aku punya kewajiban untuk membukakan pintu kesuksesan bagi mereka untuk berkarya di luar Korea. Aku akan bekerja keras agar aku dapat menjadi teladan yang baik.

Q : Berapa lama promosi album ini akan berlangsung dan apakah Rain punya rencana untuk tampil di variety show?

Sejak debut, aku sudah banyak membintangi acara TV. Kali ini aku ingin bekerja keras untuk promosi albumku. Kalau para fans senang, aku tentu akan tampil dalam acara-acara TV. Aku berencana untuk mengadakan promosi selama kurang lebih 2 bulan, kemudian melanjutkan dengan syuting drama dan film. Aku punya rencana untuk mengadakan konser di Jepang jadi aku akan mengunjungi beberapa kota di sana nantinya. Sepertinya aku akan pulang-pergi Korea-Jepang sampai sekitar bulan Mei.

Q : Album [Rainism] diberi label parental advisory (BO) karena beberapa lirik lagu yang dianggap agak vulgar. Apakah untuk [Back to The Basic] tidak akan ada masalah serupa?

Sebenarnya aku tidak merasa ada lirik di [Rainism] yang  vulgar, tapi tentu saja semua orang punya opininya masing-masing. Menurutku para pendengar akan menyukai album baruku ini.

Q : Darimana Rain mendapat inspirasi untuk menulis [Love Song]?

Dari pengalaman pribadiku. Aku berpikir mengapa kita jatuh cinta, dan tentang rasa sakit yang kita dapatkan dari cinta tersebut. Aku menulis [Love Song] setelah menonton sebuah film di mana pemeran prianya lewat di depan rumah wanita yang dicintainya. Aku teringat pengalaman yang serupa dan kemudian aku mulai menulis [Love Song].

Q : Bagaimana pengalaman Rain bekerja sama dengan Han Ye Seul untuk MV [Love Song]?

Aku sangat berterima kasih pada Han Ye Seul. Kami menghubunginya di saat-saat terakhir, dan Han Ye Seul langsung setuju untuk membintangi MV ini. Dia telah membuat saat-saat syuting menjadi menyenangkan.

Q: Sejak album Rain yang terakhir, Rain banyak terlibat dalam proses produksi dan penulisan lagu. Apakah ada hal yang berbeda kali ini?

Aku mengatakan pada diriku bahwa aku mampu melakukan ini. Saat masih berada di bawah bimbingan JYP, aku hanya perlu memikirkan konsep panggungku dan memilih akan bermain di film/drama apa. Tapi sejak aku mencoba untuk berusaha sendiri, aku butuh waktu lama untuk memikirkan style seperti apa yang akan kutunjukkan. Karena itu aku muncul dengan [Rainism]. Aku melalui banyak hal dan banyak pelajaran baru. Untuk dapat berkembang dengan lebih baik, aku juga mendengarkan banyak musik. Kurasa aku semakin dewasa dengan banyaknya pengalaman yang kulalui, yang menyakitkan, dan juga menyenangkan.

Q : Menyakitkan? Seperti apa pengalaman menyakitkan bagi Rain?

Aku merasa diriku lemah. Sebagai seorang entertainer, ada saat-saat di mana kau merasa sangat lelah dan ingin berhenti dari semuanya. Tapi di saat-saat aku sedang lemah seperti itu, aku menatap diriku di cermin dan mengatakan pada diriku sendiri untuk fokus dan bahwa aku dapat melakukan semua yang kuinginkan. Dengan demikian, aku menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih percaya dengan kemampuan diriku sendiri.

Q : Apa pesan Rain bagi para fans?

Aku sangat mencintai fansku dan alasan utamaku mengadakan comeback adalah demi para fans. Mereka sudah seperti kakak dan adikku, seperti keluarga. Aku akan bekerja keras untuk memuaskan para fans.


Credit: Kang Myoung-Seok two@10asia.co.kr

Translation : pandoracat. DO NOT TAKE OUT MY TRANSLATION WITHOUT PROPER CREDIT.

Tinggalkan Balasan

