Good News About DBSK’s Lawsuit

18 Apr

Author yakin kita semua pasti udah capek dengan semua tuntutan hukum yang dilayangkan SM Entertainment terhadap ketiga member DBSK, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu; dan juga sebaliknya. Meskipun konflik di antara kedua pihak tampaknya masih belum menemukan solusinya, tapi setidaknya kali ini ada kabar yang lumayan bagus buat JaeChunSu.

SM Entertainment beberapa hari lalu kembali menggugat Jaejoong, Yoochun, dan Junsu ke pengadilan dengan alasan bahwa ketiga member telah menandatangani kontrak dengan sebuah perusahaan kosmetik di China, Crebeau, untuk mempromosikan produk kosmetik tersebut tanpa sepengetahuan SM Entertainment. SM Entertainment menuntut ganti rugi dari ketiga member DBSK sebesar 2,2 Milyar Won (atau sekitar  USD $ 2,000,000).

Begini pernyataan dari pihak SM Entertainment :

“Beberapa member DBSK telah menanamkan investasi mereka kepada perusahaan kosmetik tersebut tanpa sepengetahuan SM Entertainment. Mereka menggunakan nama DBSK, dan ini merupakan sebuah pelanggaran serius terhadap kontrak mereka dengan SME. Meski demikian, member DBSK tersebut menolak untuk mengakui pelanggaran mereka dan malah menuntut untuk memutuskan kontrak mereka dengan SME.”

Ini merupakan hal yang membingungkan, karena tahun lalu pengadilan telah menyatakan dengan jelas bahwa “Sumber konflik antara DBSK dan SM Entertainment terletak pada slave contract yang dikenakan SM Ent. terhadap DBSK, dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan kontrak yang diadakan ketiga member DBSK dengan Crebeau.”

Tampaknya SM Ent. berusaha untuk mempersulit ketiga member DBSK dengan mengungkit kembali masalah kontrak JaeChunSu dengan Crebeau.

Meski demikian, pengadilan di China telah mengeluarkan putusan bahwa, “Ketiga member DBSK sama sekali tidak bersalah dalam hal yang berkenaan dengan kontrak Crebeau dan promosi produk yang dibatalkan.” Membuat tuntutan SM Ent terhadap DBSK kembali menghadapi penolakan (hahaha in yo face, SME!).

Sementara itu, perwakilan dari Crebeau menyatakan, “Pernyataan dari investigasi polisi telah menunjukkan dengan jelas bahwa masalah DBSK-SM Ent sama sekali tidak ada hubungannya dengan kami. Tapi SM Ent malah mencoba untuk menimpakan kesalahan kepada perusahaan kami. Oleh karena itu kami akan menuntut SM Ent atas tuduhan merusak nama baik.”

Source: vandyxu527@TVXQbaidubar + http://www.jaetime.com + DNBN
Translation: sicashinki@OneTVXQ.com

Buat yang masih pada bingung tentang asal muasal terjadinya konflik antara SME vs DBSK, author beri sedikit highlight.

Konflik dimulai ketika tahun lalu Jaejoong, Yoochun, dan Junsu melayangkan gugatan hukum terhadap SM Entertainment karena slave contract yang mengikat para member DBSK. Meskipun demikian SM Entertainment menolak untuk menanggapi gugatan hukum tersebut.

Yang membuat masalah lebih rumit adalah ketika ketiga member DBSK didapati menandatangani kontrak dan menanamkan investasi mereka dengan sebuah perusahaan kosmetik Korea di China, kemudian meluncurkan cosmetic line baru bernama Crebeau. Hal ini dilakukan tanpa persetujuan dari pihak SM Entertainment. Namun Jaejoong, Yoochun, dan Junsu sebenarnya hanya punya sebagian kecil saham dari perusahaan ini, artinya sebenarnya jumlah saham mereka hampir gak ada artinya.

Tapi SM Entertainment mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan ketiga member DBSK ini merupakan pelanggaran terhadap kontrak mereka. Semua kontrak bisnis yang berkenaan dengan DBSK seharusnya melalui persetujuan SM Entertainment terlebih dahulu.

Meski demikian, sebenarnya yang menjadi inti permasalahan di sini bukanlah kontrak ilegal yang diadakan ketiga member DBSK, melainkan kontrak ‘perbudakan’ yang dikenakan SM Ent terhadap DBSK. Pengadilan memenangkan kasus Jaejoong Yoochun dan Junsu dengan putusan, “Ketiga member berhak melanjutkan aktivitas solo masing-masing, tapi segala aktivitas DBSK tetap berada di bawah otoritas SM Ent. karena DBSK masih terikat kontrak ’13 tahun’.”

Ketiga member kemudian meminta agar pihak SM Ent merubah kontrak tersebut. Tuntutan ini tidak digubris oleh SM Ent.

Hingga sekarang, masih belum ada solusi untuk konflik di antara kedua pihak tersebut.

😦 Yep, singkatnya begitulah recap dari konflik SM Ent vs JaeChunSu.

Satu Tanggapan to “Good News About DBSK’s Lawsuit”

  1. arini Juli 4, 2012 pada 5:04 am #

    sekarang tinggal tunggu tanggal 19 juli 2012…. untuk JYJ vs SME…. dan 6 juli 2012 untuk JYJ vs Avex…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: