Hyori’s Plagiarism Accusation Continues..

25 Apr

Beberapa waktu yang lalu Hyori sempat dituduh memplagiat style Lady Gaga. Kali ini, Hyori kembali terjerat kasus yang bener-bener serius dan lebih berat, karena 6 dari total 14 lagu dalam album barunya, [H-Logic], dituduh merupakan plagiat dari sejumlah lagu Western yang berbeda-beda.

Pada tanggal 21 April, Zack Taylor’s Blog melaporkan :

“ARTIS KOREA KEDAPATAN MEMPLAGIAT LAGU DARI GRUP KANADA?”

Lee Hyori, artis Korea tahun ini, sedang dalam masalah BESAR!

Hyori dituduh oleh grup penyanyi asal Kanada, Cookie Couture, telah memplagiat  lagu mereka [Boy, Bring It Back], yang mereka rilis tahun 2008 lalu. Hyori meluncurkan track yang sama persis berjudul [Bring It Back].

Stacey Maroske, salah satu member Cookie Couture mengatakan, “Aku sangat terkejut ketika pertama kali mendengar rekaman album Hyori tahun ini. Aku nyaris tidak percaya betapa miripnya lagu kami. Hampir bisa dikatakan seperti replika utuh dari [Boy, Bring It Back], bahkan sampai ke efek vokalnya. Kami bekerja keras memproduksi lagu ini dan menyempurnakannya di tahun 2008. Rasanya tidak adil lagu ini dijual di iTunes oleh artis lain yang telah mencuri lagu ini dari kami. Ini jelas-jelas merupakan plagiat, dan kami ingin keadilan ditegakkan!”

Bandingkan kedua lagu ini :

Selain [Bring It Back], lagu Hyori lainnya juga dituduh plagiat :

Lil Precious [So Insane] vs Hyori [I’m Back]

Melanie Durrant [Feel The Same] vs Hyori [Feel The Same]

Mikis Theodorakis [The Train Leaves At Eight] vs Hyori [Swing]

Jason DeRulo [How Did We Get] vs Hyori [How Did We Get]

Second Person [The Alphabet Song] vs Hyori [Memory]

MNet Media telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai tuduhan plagiat ini. Menurut mereka, kasus ini sama dengan tuduhan plagiat SNSD [Run Devil Run] vs Kesha beberapa saat yang lalu.

“Lagu-lagu Hyori ditulis oleh Bahnus (Lee Jae Young). Bahnus menuliskan 180 lagu untuk dipilih oleh Hyori. Bahnus sudah membuat lagu-lagu ini 4-5 tahun yang lalu dan telah menjual lagu-lagu ini. Kemudian ia mengupload guide version-nya ke Youtube dan mendistribusikan CD demonya. Bahnus juga mengatakan bahwa ia menyimpan dokumentasi lengkap vokalis-vokalis mana saja yang memiliki CD-CD tersebut, termasuk tanggal rekamannya. Kami sudah tahu mengenai hal ini sebelum kami merilis album ke-4 Hyori.

Kami sudah pernah mengumumkan hal ini pada saat penjualan album dan keterangannya ada pada deskripsi lagu [Swing]. Kami tidak perlu meminta izin hak cipta karena tadinya ballad ini tidak punya judul dan tidak punya keterangan composer.”

Apakah masalah ini akan selesai dengan pernyataan MNet tersebut? We have to wait and check it out.

Author gak seberapa suka dengan [Bring It Back]-nya Hyori, tapi harus diakui, [H-Logic] bener-bener berkualitas!!🙂 Sayangnya kalau tuduhan plagiat ini ternyata benar, maka akan berdampak terhadap reputasi dan karir Hyori😦.


cre : allkpop

translation : pandoracat@anyentertainment

TAKE OUT WITH FULL CREDIT

Satu Tanggapan to “Hyori’s Plagiarism Accusation Continues..”

  1. aoi April 27, 2010 pada 10:08 am #

    hyori unnie hwaiting ^__^
    Krn hyori unnie idola ny hyun joong oppa ~^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: