More About The Accusations Against JYPE Regarding Wondergirls

13 Mei

CEO JYPE, Jung Wook, kemarin menjelaskan bahwa para member WG memang tidak memiliki asuransi kesehatan sejak bulan Januari 2010. Ia juga mengatakan bahwa ketika pertama kali datang ke US, para member WG hanya memiliki visa pelajar.

Ketika pertama kali datang di US bulan April 2009, para member WG hanya memiliki visa F-1 dan kemudian didaftarkan ke sebuah institut bahasa untuk mempelajari bahasa Inggris. Tapi tidak lama kemudian para member WG diberi visa O-1 setelah JYPE mengetahui bahwa pemilik visa F-1 hanya diperbolehkan bekerja paruh waktu, kurang dari 20 jam per minggu, sambil bersekolah/kuliah.

Sedangkan visa O-1 adalah tipe visa yang diberikan kepada orang yang berniat bekerja di US, sesuai dengan Hukum Imigrasi US, dan diberikan kepada orang-orang yang memiliki bakat di bidang ilmu pengetahuan, seni, edukasi, bisnis, atau atletik.

Ketika diwawancara oleh Korean Herald lewat telepon, Jung Wook mengatakan, “Kami tahu itu ilegal, makanya kami mengganti visa mereka dengan visa O-1. Tapi keadaannya begini, ketika para member WG datang ke US, mereka tidak langsung bekerja. Mereka harus belajar dulu di institut bahasa. Saat itu yang mereka miliki adalah visa F-1 untuk pelajar.”

Meskipun Jung Wook tidak memberitahu tanggal pastinya mereka diberi visa O-1, tapi CEO JYPE ini mengatakan bahwa mereka mengganti visa member WG sesegera mungkin setelah mempelajari situasinya.

Jung Wook menjelaskan bahwa meski para member WG saat itu sudah memiliki visa O-1, tapi mereka masih terdaftar sebagai pelajar karena mereka perlu belajar  bahasa Inggris lebih banyak lagi.

Mengenai asuransi kesehatan WG, Jung Wook menjelaskan bahwa para member WG masih menerima asuransi kesehatan mereka, sampai mereka berhenti dari institut bahasa tersebut bulan Januari 2010.

“Saat mereka masih terdaftar sebagai murid di sana, tentu saja mereka menerima asuransi kesehatan. Tapi karena setelah itu para member WG harus bolak-balik Korea-US, mereka tidak lagi mengikuti kelas di sana, dan dengan demikian juga tidak menerima asuransi kesehatan setelah berhenti dari institut tersebut.”

Setelah itu JYPE menyewa seorang tutor bernama Dan dan dibantu dengan asistennya, Claire. Daniel Gauss inilah yang kemudian menginformasikan kepada Korean Herald bahwa JYPE telah memperlakukan WG dengan tidak layak.

Jung Wook menjelaskan, “Kesehatan WG adalah prioritas utama kami, kami selalu memberikan tunjangan kesehatan yang terbaik bagi mereka. Tentu saja kalau kau adalah artis besar seperti WG, kesehatanmu akan menjadi yang utama bagi kami.”

Jung Wook menambahkan, “Aku tidak mengerti kenapa apa yang dituduhkan oleh Gauss harus menjadi masalah sebesar ini. Gauss hanya mantan tutor yang kesal dan mengundurkan diri dari pekerjaan sebagai tutor WG karena ia merasa tidak diperlakukan dengan baik oleh JYPE.”

Gauss menolak pernyataan yang menyatakan bahwa ia dipecat oleh JYPE setelah meminta kenaikan gaji. “Aku tidak dipecat, tapi mengundurkan diri. Mereka memperlakukanku seperti sampah,” katanya pada Korean Herald, “Aku hanya dibayar USD20 perjam untuk mengajar WG. Temanku bilang kalau mestinya JYPE membayarku lebih.”

“Saat itu aku langsung memutuskan untuk mengundurkan diri karena aku enggan untuk bernegosiasi dengan JYPE. Tapi aku agak ragu karena kulihat JYPE memperlakukan WG dengan seenaknya. Padahal gadis-gadis itu sangat baik.”

Gauss juga merasa gedung JYPE di Manhatttan sangat aneh. “Mereka punya kantor di basement, sedangkan di tingkat 2 dan 3 dipakai sebagai tempat tinggal. Ini merupakan pelanggaran.”

Tuduhan Gauss terhadap JYPE meliputi tempat tinggal ilegal, tidak adanya asuransi kesehatan, dan paksaan JYPE atas Sunye untuk mengadakan konser di China.(Yang terakhir ini sudah dijelaskan oleh Sunye pada artikel sebelumnya.)

You know what I think? This is another marketing strategy of JYPE to make a buzz about Wondergirls ==” With WG coming back to Korea after quite a long time and the rivalry between female groups recently, WG needs something to draw people’s attention to them ==” I’m sorry, this is just my opinion. You dont have to agree with me.

Stay tuned for the conclusion of this mess.


Source: KoreaHerald, WonderfulsWorld

trans : pandoracat@anyentertainment

2 Tanggapan to “More About The Accusations Against JYPE Regarding Wondergirls”

  1. Dedhy Kasamuddin Mei 13, 2010 pada 4:50 am #

    Assalamu ‘alaikum mas.

    Salam kenal yah, saya abis mampir ke Blog mas, dan blog mas sangat bagus dan bermanfaat.

    Dan betapa senangnya saya, apabila mas mau mampir juga ke blog saya, sekalian saling menjalin silaturahmi sesama Blogger.

    Alamat Blog saya: http://bendeddy.wordpress.com

    Salam kenal,
    Dedhy Kasamuddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: